Senin, 14 Mei 2012

TIPE VEGETASI TEPI LAUT DAN VEGETASI LOKAL LAINNYA


Daerah artika bawah maupun artika tengah biasany terdapat krokot laut dan mertensia maritima yang tumbuh terpencar.Kedua umbuhan tersebut langka ditemukan didaerah artika atas.Di daerah pantai yangterlindung terdapar rawa-rawa yang berlumpur yang menunjukkan kemiripan yang erat dengan vegetasi lannya.
            Di daerah artika bawah terdiri atas hamparan rumput kerdil yang didominasi oleh rumput alkali dan tumbuhan lain yang tergolong dalam halofita.
            Tempat-tempat yang kosong memberikan kehdupan pada rumput cochleariaofficinalis yang kadang-kadang dengan ukuran yang luar biasa.
            Puncak batu karanyang tepinya dan di cekungan yang basah menunjang kehidupan gebalan-genalan rumput .
Dan membentang sejauh 100m yang terdiri atas lumut kerak dan lumut yang beraneka warna yangterjadi akibat pemupukan yang dilakukan oleh burung camar laut.Pemupukan secara lokal lebih banyak memberikan pengaruh yang lebih menari seperti hamparan berumput atau tertutup bunga.
 Mintakat yang terbentuk bersifat sebagai subklimaks.Khususnya di bagian utara terdapat satu jenis tumbuhan yang terpencar luas yaitu cassiope tertragona.Mintakat yang paling luar terlindungi dengan baik oleh salju tetapi tidak mengalami reduksi yang nyata olh lebrnya salju.
Mintakat itu menunjukkan variasi yang besar dalam vegetasinya.Ke arah luar secara khas suatu mintakat terdiri atas Salix sp. Yang kerdil dan lebih kedalam lagi,terdapat mintakat bervegetasi jarang yang terdiri atas lumut dan terna seperti Oxyria digyna.
Di sekitar pusat aliran yang lebih dalam,salju mungkin hanya mencair menjelang akhir musim panas.Kebanyakan terna tidak mampu bertahan .Bahkan tumbuhan spora saja tidak banyak ditemukan bukti keberadaannya.Biasanya yang ditemukan adalah alga bersama dengan rumput phippia agida yang telah menjadi kerdil,saxifraga dan ranunculus sp yang ditemukan sedang berbunga pada penghujun musim panas dan terkadang masih ditemukan dalam kuncup menjelang pembekuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar